PROGRAM STUDI MANAJEMEN



Program Studi Manajemen Universitas Matana merupakan program studi manajemen berbasis Information, Communication and Technology (ICT) yang disiapkan secara seksama untuk mampu menjawab tantangan jaman dengan mempersiapkan mahasiswa yang menguasai kemampuan manajerial dan bisnis era ICT. Dewasa ini kehadiran ICT dengan perkembangannya yang luar biasa merupakan faktor utama yang mengubah peradaban dan perekonomian dunia yang semula mengandalkan sumber daya alam kini mengalami pergeseran paradigma ke ekonomi baru yakni information economy. Di era ini kita tidak hanya membutuhkan para technopreneur (entrepreneur berbasis ICT) yang cerdas melihat peluang namun juga dibutuhkan manajer-manajer yang memiliki kompetensi unggul dan mampu memanfaatkan teknologi.

Sekuritas

Sekuritas adalah surat hutang yang dapat dengan cepat dijadikan uang atau kas, ini maksudnya bahwa sekuritas adalah surat hutang yang dapat dijual dengan cepat, karena sekurita memiliki sifat yang likuid. Banyak perusahaan ataupun investor yang membeli dan memiliki sekuritas.

Prodi Manajemen Universitas Matana khususnya konsentrasi sekuritas dihadirkan untuk mengantisipasi penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang Perbankan pada perusahaan Pasar Modal, Bank, Properti, Asuransi, Bursa Efek Indonesia dan Perusahaan Multinasional bidang Perbankan yang permintaan akan tenaga kerja ahli di bidang ini selalu cenderung meningkat dan kompetensinya pun semakin dibuat menjadi lebih profesional.
Dalam konsentrasi ini Universitas Matana juga sudah memiliki kerjasama dengan perusahaan sekuritas yang akan memfasilitasi mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat melalui praktek langsung di lapangan sehingga mahasiswa dapat memperoleh ilmu pekerjaan secara nyata.

Digital Marketing

Digital Marketing adalah cara marketing untuk sebuah brand atau produk menggunakan media digital. Yang termasuk Media Digital antara lain adalah : Television, Radio, Internet, Mobile, Social Media dan berbagai media digital media lainnya, dimana teknik-teknik internet marketing termasuk dalam kategori Digital Marketing.



Program studi Manajemen Universitas Matana khususnya konsentrasi Digital Marketing dihadirkan untuk mengantisipasi kebutuhan akan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pemasar internet dan digital yang handal. Hal ini bisa dilihat dari semakin terus meningkatnya pengguna internet di Indonesia dan dunia sehingga akan berdampak pada kebutuhan SDM bidang ini yang akan dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Tiap lini perusahaan membutuhkan internet sebagai sarana penunjang atau bahkan sarana utama untuk perusahaannya sehingga kebutuhan SDM yang mengerti dan ahli akan pemasaran intenet akan banyak dibutuhkan.

Digital Marketing kini yang sangat populer di dunia adalah pemasaran online lewat website dan social media karena teknik pemasaran ini memiliki nilai demokrasi karena memberikan keleluasaan waktu untuk membaca promosi yang ia lihat.



Proses Pembelajaran

Tahun pertama mahasiswa diberi pengetahuan konsep dan prinsip-prinsip pengantar ekonomi dalam manajemen dan pengantar teknologi serta pembentukan kepribadian.
Tahun kedua, mahasiswa diberi pengetahuan konsep dan prinsip-prinsip manajemen dalam bidang manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen stratejik.
Tahun ketiga mahasiswa diberi pengetahuan lanjutan mengenai perilaku organisasi dan konsumen, komunikasi organisasi dan konsumen, etika dan hukum bisnis, bank dan lembaga keuangan lainnya dan kewirausahaan mandiri
Tahun keempat mahasiswa akan diarahkan kepada konsenstrasi peminatan manajemen investasi, manajemen aktuaria dan manajemen digital dan internet, yang dititik beratkan pada pemecahan kasus-kasus nyata, praktek kerja nyata yang akan menjadi tema untuk penelitian mahasiswa.






KAPRODI MANAJEMEN


M. Rachman Mulyandi, SE., MBA. menyelesaikan S1 nya di Jurusan Manajemen Konsentrasi Pemasaran di dari Fakultas Ekonomi Universitas Pelita Harapan (UPH) pada tahun 2007. S2 Magister Administrasi Bisnis tahun 2011 dari School of Business and Management Institut Teknologi Bandung (SBM-ITB).

Memiliki jenjang kepangkatan akademik sebagai asisten ahli dan jabatan fungsional golongan IIIB serta memiliki Sertifikat Pendidik/Dosen (Serdos).

Berkarir sebagai dosen Manajemen dan Pemasaran semenjak tahun 2011 di Sekolah Tinggi Manajemen & Informatika (STMIK) Raharja, Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Wiyatamandala dan Universitas Matana sebagai tenaga pengajar, peneliti muda, sistem pengendalian mutu internal jurusan Sistem Informasi, Sekertaris Jurusan Sistem Informasi, Anggota Senat dan Jabatan terakhir adalah Kepala Program Studi Manajemen Universitas Matana Pengalaman profesional semenjak tahun 2004 bekerja sebagai staff marketing, supervisor marketing, staff keuangan, financial controller, business development, customer relation, marketing & research manager, pada bidang konstruksi, properti, Rumah sakit dan Pendidikan

Pengalaman berwirausaha semenjak tahun 2000 di bidang agrobisnis, otomotif, packaging, lighting, event, dan konsultan bidang pemasaran digital. Spesialisasi keilmuan yang didalami adalah bidang pemasaran digital meliputi digital marketing strategy, digital content strategy, digital branding strategy, Search Engine & Optimization marketing, digital business model strategy, etc.

Mata kuliah yang diampu adalah bidang pemasaran teknopreneur, komunikasi bisnis, pemasaran, brand management, perilaku organisasi, e-marketing, etika bisnis, pengantar manajemen, riset pemasaran, dan pengantar bisnis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DOSEN FAVORITE